Friday, December 9, 2011

Namanya Sondang, Pria yang Bakar Diri di Depan Istana




Pria yang sempat membakar dirinya di depan Istana, diyakini adalah Sondang Hutagalung, mahasiswa Universitas Bung Karno Jakarta. Selama ini, Sondang sering terlibat berbagai aksi damai. Ini dia profil singkat pria yang juga Ketua Himpunan Aksi Mahasiswa Marhaenisme untuk Rakyat Indonesia (Hammurabi).

Staf divisi advokasi KontraS, Chrisbiantoro, di kantornya, Jl Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (9/12/2011), menceritakan bagaimana sosok anak bungsu dari empat bersaudara ini.

Sondang memang tidak pernah tergabung dalam KontraS. Namun organisasi yang dipimpin Sondang masuk dalam 'Sahabat Munir'.

"Kebetulan kelompok aktivis itu masuk dalam Sahabat Munir," jelas Chris.

Dalam aksinya, Sondang bertugas di belakang panggung. Dia yang biasanya mengkonsep aksi teatrikal sebuah demo. Namun tidak jarang Sondang juga ikut bermain dalam aksi tersebut.

"Kaya di (acara) Munir kemarin, dia (Sondang) berperan jadi pelaku pembunuh Munir," lanjut Chris.

Setelah kejadian, tim dari KontraS langsung meluncur ke RS. Setelah melihat gigi, kaki dan sepatu yang masih menempel, KontraS yakin jika pria yang membakar dirinya itu adalah Sondang.

"Keluarganya menguatkan sepatu itu pemberian dari abangnya," jelas Chris.

Chris menjelaskan sebelum kejadian, Sondang memang menitipkan handphone, dompet serta seluruh identitas ke kerabat sahabatnya. Ini yang menyebabkan polisi tidak menemukan satu pun kartu identitas Sondang.

Chris tidak mengetahui alasan Sondang melakukan aksi itu. Tidak ada masalah dengan Sondang dalam beberapa hari terakhir. "Kata pacarnya pun nggak ada masalah," imbuhnya.

No comments:

Post a Comment