Tuesday, June 26, 2012

Memeriksa Kerusakan LCD Laptop

Kemarin lughot membantu teman yang mengalami kejadian LCD Laptop A**r miliknya tidak mau menyala. Ini mungkin pengalaman baru bagi lughot karena biasanya LCD mati total tapi ini komputer berjalan normal dan lampu LCD tidak menyala. Jika dilihat dengan senter tampilan layar masih dapat dilihat. Kemungkinan dari kerusakan tampilan LCD laptop adalah kerusakan pada inferter laptop.

Inferter adalah suatu komponen yg biasanya terdapat di bawah LCD laptop yang berfungsi sebagai pengatur LED dan connector kabel flexibel LCD anda.


Tanda-tanda inferter rusak:
Biasanya lcd menjadi redup /buram / tampilan gambar agak gelap
Kalau laptop dalam kondisi hidup, LCD digerakkan buka tutup, gambar menjadi agak goyang / berubah.
Adanya panas yg tidak normal pada bagian inferter (dibawah LCD Tertutup list casingnya).


Untuk memastikan bahwa inferter anda yg rusak, bisa dilakukan dengan menyambungkannya dengan monitor CRT biasa. Jika gambar tampil normal ke layar monitor, berati inferternya saja yg rusak.
Apabila tampilan di layar monitor gambar pecah atau ikut goyang, berarti VGA onboard-nya yg bermasalah. Jadi jangan terjebak untuk segera mengganti LCD.


Langkah kedua untuk memastikan adalah dengan mencoba membuka cover depan LCD, lepaskan kabel inferter lalu pasang kembali.
Jika kedua langkah tersebut belum berhasil kemungkinan lampu dari LCD mati. Anda harus mengganti lampunya saja atau mengganti dengan LCD baru yang biayanya mungkin lebih mahal daripada memperbaiki lampu.

Semoga sharing pengalaman ini bermanfaat bagi sobat yang mengalami masalah yang sama. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment