Wednesday, June 27, 2012

Menghapus File atau Folder Secara Permanen

Biasanya ketika kita ingin menghapus sebuah atau beberapa file pada komputer kita cukup menekan del (delete) pada keyboard. Tapi sebenarnya file tersebut tidak benar-benar terhapus oleh komputer. File tersebut masih tersimpan di Recycle bin dan sewaktu-waktu dapat dikembalikan (restore) lagi pada folder semula. Padahal kita tidak ingin seseorang melihat atau membaca file yang memang kita hapus dengan sengaja tadi. Apalagi sampai file "rahasia" tersebut di copy oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Bagi sobat yang sudah tahu tentang ini biasanya mereka menghapus file atau folder tersebut dari Recycle bin lagi agar tidak bisa di-restore oleh orang lain.

Nah bagi sobat yang ingin menghapus file atau folder secara permanen tanpa tersimpan di Recycle bin sobat cukup menekan tombol shift + del ketika ingin menghapus file tersebut. Cara ini akan sedikit menghemat waktu anda daripada anda harus pergi ke recycle bin dan menghapus lagi.

TIPS :
Cara lain agar file atau folder yang terhapus tidak mampir dulu di Recycle Bin, Klik kanan icon recycle bin pada desktop (gambar tong sampah) lalu centang tulisan "Do not move files to the Recycle Bin. Remove files immediately when deleted" lalu klik OK

Semoga tip sederhana ini bermafaat khususnya bagi sobat yang belum mengetahuinya.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment