Sunday, September 30, 2012

Tata Motors Indonesia

Tata Motors perusahaan automotif global terbesar asal India, resmi mengumumkan kehadirannya di Indonesia. Tata Motors menyerahkan operasinya di Indonesia secara penuh kepada anak perusahaannya, PT Tata Motors Indonesia yang siap terjun berkompetisi di pasar automotif Tanah Air di kendaraan penumpang dan komersial.
Menurut Tata Motors, Indonesia merupakan pasar automotif terbesar di Asia Tenggara sekaligus menjadikan Indonesia sebagai pasar kunci penjualannya. Tata Motors memiliki berbagai macam produk mulai dari mobil kecil hingga bus di segmen kendaraan penumpang dari 0,5 Ton Mini-Trucks hingga 49 Ton Heavy Trucks di segmen kendaraan komersial.

Lebih lanjut, PT Tata Motors Indonesia akan mulai meluncurkan produknya pada 2013 dan saat ini pihaknya sedang mempersiapkan secara komprehensif.

"Kami sangat gembira dan merasa terhormat bisa hadir di Indonesia. Seperti di tempat lain di dunia dan sesuai dengan praktek usaha yang dijalankan Tata. Kami akan beroperasi sebagai sebuah perusahaan Indonesia yang merespon dan terinspirasi oleh kebutuhan dan aspirasi konsumen Indonesia. Kami juga akan mendirikan operasi lokal yang berakar dan tumbuh seiring dengan kemakmuran negara dan masyarakatnya," tutur Managing Director of Tata Motors Mr Karl Slym, di sela acara peluncuran Tata Motors di Jakarta, Selasa (11/9/2012).

Menguraikan rencana-rencana di Indonesia, Mr. Biswadev Sengupta, President Director of PT Tata Motors Indonesia, mengatakan, "Riset kami menunjukan bahwa ada peluang besar bagi kendaraan Tata Motors di Indonesia, dengan kondisi operasional dan kebutuhan konsumen yang mirip dengan konsumen kami di India dan seluruh dunia. Kami sangat yakin akan mampu menyediakan solusi mobilitas yang cerdas bagi Indonesia. Saat ini, fokus kami adalah membangun jaringan layanan dan suku cadang yang kuat."

PT Tata Motors Indonesia akan meluncurkan kendaraannya saat telah memiliki sekitar 10 hingga 15 diler resmi di seluruh Indonesia, yang akan melayani penjualan, servis dan suku cadang. Dalam periode 3 tahun, Tata Motors menargetkan akan membuka 60 diler 3S (Sales, Service, Spareparts), 100 bengkel dan lebih dari 300 toko suku cadang.

Perusahaan ini juga merencanakan kemungkinan untuk mendirikan basis manufaktur di Indonesia untuk melayani negara-negara di kawasan Asia Tenggara (Asean). Investasi yang signifikan juga direncanakan untuk melokalisasi penyediaan komponen-komponen.

Tata Motors akan berpartisipasi di dalam Indonesia International Motor Show ke-20 di Jakarta mulai 20 September yang akan datang. Perusahaan ini akan memamerkan 14 kendaraan penumpang dan komersial Tata, sebagai bagian dari perkenalan secara progresif pada pasar di Indonesia. Pameran ini juga akan menampilkan paviliun hijau khusus kendaraan-kendaraan Tata CNG, yang sedang dibutuhkan di Indonesia.

"Portofolio kami mengacu secara global. Kami yakin bahwa kendaraan kami akan menjadi pilihan cerdas bagi konsumen Indonesia yang bijak. Berangkat dari berbagai input konsumen, kami akan memperkenalkan secara progresif berbagai pilihan kendaraan penumpang dan komersial yang relevan bagi Indonesia, dilengkapi dengan infrastuktur distribusi dan layanan yang akan mendekatkan kami pada seluruh konsumen," tandas Ravi Pisharody Ececutive Director of Tata Motor.

autos.okezone.com

No comments:

Post a Comment